Saturday 1 February 2014

Bahasa Apakah Yang kita Gunakan ?

Dalam sehari – hari sudah terbiasa kita menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi dengan sesama manusia, tetapi sudah benarkah bahasa yang kita gunakan tersebut? Dalam kenyataannya bahasa sehari-hari yang kita gunakan dalam berkomunikasi itu banyak sekali kata katanya yang tidak terdapat dalam kamus bahasa Indonesia. Jadi bahasa apakah yang kita gunakan selama ini? Bahasa sehari-hari ataukah bahasa Indonesia. Oleh karena itu penting rasanya untuk mempelajari bahasa Indonesia yang benar dan baik dengan kata-kata yang baku.

Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku itu sangatlah penting, tujuannya adalah agar orang yang kita ajak bicara menaruh perhatian dan hormat kepada kita. Selain itu penggunaan bahasa Indonesia yang baku juga penting dalam komunikasi tidak langsung, contohnya dalam penulisan surat resmi ataupun undangan. Dalam menulis surat resmi kita juga harus tahu kepada siapa surat tersebut dituju, dan tentunya gaya bahasa seperti apa yang harus kita gunakan.

Namun ada juga orang yang dapat berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baku, tetapi tidak baik dan benar, maksudnya tidak baik dan benar adalah orang tersebut tidak mengetahui  tata letak penggunaan bahasa yang baku seperti apa.

0 comments:

Post a Comment