Saturday 1 February 2014

Raksasa dari Jawa Barat



Yang dimaksud raksasa disini adalah bukan sesosok makhluk yang besar dan menyeramkan, namun yang dimaksud raksasa dari jawa barat ini adalah sebuah gunung yaitu gunung ciremai. Disini saya akan membahas sedikit tentang gunung ciremai. Gunung ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3078 mdpl. Gunung ini terdapat di 3 kabupaten daerah Jawa Barat, yaitu Cirebon, Kuningan, dan Majalengka. Gunung ini merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif.
Gunung ini menyajikan pemandangan – pemandang yang sangat eksotis jika kita melihat dari atas gunung ini terlihat pemandangan kuningan dari ketinggian gunung ciremai ini, namun jika gunung ini dilihat dari kejauhan, gunung ini terlihat sangat gagah, seram, dan besar. Jadi pantas saja kalo gunung ini disebut sebagai “raksasa dari jawa barat”.
Bagi orang-orang yang menyukai olahraga outdoor dan menyukai tantangan, maka gunung ini sangat pas untuk dilakukan pendakian. Untuk melakukan pendakian gunung ini sudah mempunyai 3 jalur yang resmi untuk dilewati para pendaki, yaitu: Jalur Linggar jati kuningan, Jalur Palutungan, dan yang terakhir adalah Jalur apuy majalengka. Jalur yang paling sering digunakan adalah jalur linggar jati. Tapi saya disini akan membahas sedikit tentang jalur apuy, karena baru beberapa bulan yang lalu saya menggunakan jalur ini untuk pendakian gunung ciremai.
Jalur apuy ini merupakan jalur terpendek untuk mencapai puncak gunung ciremai dibandingkan dengan 2 jalur lainnya, namun jalur ini mempunyai trek yang sangat curam dan menanjak.
Yang pertama untuk mencapai jalur apuy ini kalau dari bandung adalah naik kendaraan umum jurusan majalengka, lalu turun di pasar maja. Dipasar maja banyak orang orang yang menyediakan jasa pick up untuk melanjutkan perjalanan ke desa apuy, disarankan untuk membawa anggota pendakian lebih dari 5 orang, karena semakin banyak orang semakin murah biaya yang dikeluarkan untuk patungan menyewa pickup. Setelah kita naik pickup maka kita nanti akan langsung diantar menuju pos pendakian gunung ciremai, untuk mengurus administrasi. Setelah kita selesai mengurus administrasi kita langsung diantar kembali menuju pintu rimba, yaitu perbatasan antara kebun milik warga dan hutan.
Pintu Rimba – Pos 1
Dari pintu rimba inilah perjalan dimulai dengan berjalan kaki, perjalanan dimulai dengan jalanan yang relatif landai, kita disini masih banyak menemui tanaman milik warga. Waktu tempuh menuju pos 1 ini kira-kira 1,5 sampai dengan 2 jam.
Pos 1 – Pos 2
Dari pos 1 menuju pos 2 ini lah perjalanan mulai agak menanjak dan terlihat hutan semakin lebat, waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 1,5 jam jalan kaki.
Pos 2 – Pos 3
Perjalanan menuju pos 3 ini jalan yang ditempuh semakin curam, pos 3 ini memiliki ketinggian 2400 mdpl. Waktu tempuh sekitar 1 jam. Di pos ini juga sangat sempit hanya bisa mendirikan 2 tenda kecil saja, tidak disarankan untuk camp disini.
Pos 3 – Pos 4
Perjalanan menuju pos 4 hampir sama dengan perjalanan sebelumnya menuju pos 3. Pos ini memiliki ketinggian 2600 mdpl. Waktu tempuh sekita 1 jam.
Pos 4 – Pos  5
Jalan yang dilalui semakin curam dari jalan sebelumnya. Pos ini memiliki ketinggan 2800 mdpl. Waktu tempuh sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Pos ini cukup luas bisa mendirikan 4 hingga 5 tenda.
Pos 5 – Pos Goa Walet
Perjalanan menuju Goa Walet terasa semakin berat karena jalan sangat curam dan mempunyai sudut yang sangat miring, jadi harus ekstra hati hati. Ditengah perjalanan antara pos 5 dan goa walet terdapat pertemuan jalur dari jalur palutungan. Di pos goa walet ini juga terdapat sumber air, sangat cocok sekali untuk dijadikan tempat camp. Goa Walet ini mempunyai ketinggian 2950 mdpl. Waktu tempuh dari pos 5 sekita 1,5 jam.
Pos Goa Walet – Puncak
Jalan menuju ke puncak ini sudah mulai terbuka jarang sekali ditemui pepohonan besar seperti di pos pos sebelumnya , dalam perjalanan juga sudah mulai tercium aroma aroma khas belerang, yang menandakan bahwa puncak sudah dekat. Jalan jalan yang sebelumnya berupa tanah sudah berubah menjadi bebatuan. Waktu tempuh dari pos Goa Walet menuju puncak ciremai 3078 mdpl sekitar  45 menit.

0 comments:

Post a Comment